Rabu, 15 September 2010

Bumi Berputar dan Kita Diam Saja


Pertanyaan itu dapat kita refleksikan dengan kehidupan kita sehari-hari. Jika kita membuat daftar hal-hal apa saja yang sudah kita lakukan hari ini lalu membandingkannya dengan resolusi yang sudah kita rencanakan sebelumnya, apakah hal itu akan membuat kita tersenyum atau mengernyitkan dahi?
            Sederhana memang, tapi itu merupakan hal yang essensial jika kita ingin maju menyejajarkan langkah kita dengan sekitar kita.
Sewajarnya sebagai seorang manusia berakal kita membuat perencanaan sebelum melangkah lebih jauh lagi. Selebihnya hanya tentang bagaimana kita menjalaninya, sekadar perencanaan dan berjalan seperti biasa atau berlari mengejar langkah di depan kita.
Bumi sebagai benda statis saja tetap melakukan pergerakan. Bumi tetap berputar pada porosnya. Amri coba bandingkan dengan diri kita yang dinamis tetapi statis dalam hidup. Jika ingin berpikir polos, kita akan menemukan bahwa hidup kita sudah berjalan sebagaimana seharusnya. Bernafas, makan, tidur, bermain, belajar, berpetualang, dan lainnya. Itu adalah bagian statis dalam hidup kita karena setiap manusia pasti melakukannya. Lalu di bagian manakah kita dapat dikatakan dinamis jika hal seperti tertera tadi dikatakan statis?
Pergerakan dinamis yang dimaksud adalah bagaimana kita bergerak maju, setidaknya sejajar dengan sekitar kita, agar apa yang kita terima sebagai bakat dan kemampuan kita tidak tersimpan begitu saja.
Kita diajak untuk mampu berpikir selangkah ke depan dan mencapai resolusi yang telah kita targetkan sebelumnya. Bukan berarti ilmu tidak penting, pengalaman dan keadaan sekitar dapat kita jadikan batu loncatan untuk bergerak dinamis dalam hidup.
Bertindaklah seperti bumi yang walaupun benda statis, tetap melakukan pergerakan. Dan dengan posisi kita sebagai makhluk dinamis, kita diberi kemampuan untuk mencapai resolusi kita dengan cara yang tepat.
Dengan begitu, ketika kita membuat daftar hal-hal apa saja yang sudah kita lakukan hari ini lalu membandingkannya dengan resolusi yang sudah kita rencanakan sebelumnya, kita bisa dengan yakin memastikan senyuman akan terukir disertai kepuasan atas apa yang kita capai.

3 komentar:

  1. setiap hari bumi berputar lebih dari 20 mau tahu bumi berputar selama 24 jam sekarang mengertikan makanya harus banyak belajar

    BalasHapus
  2. selain bumi ada lagi 8 dari 9 planet di tata surya pusatnya matahari satelit bumi bulan nama nama planetnya adalah. merkurius venus mars yupiter saturnus uranus neptunus dan pluto pluto keluar dari planet tahun dua ribu enam karena memotong orbit planet neptunus akibatnya. pluto adalah planet terakhirrrrrr

    BalasHapus
  3. waaah..
    sepertinya anda belum menyimak betul apa maksud dari tulisan saya ini.. :)
    terima kasih buat infonya, tapi saya rasa itu sudah info yang sangat umum :D

    BalasHapus

Surat yang Tak Tersampaikan

Dear Pahlawan Wanitaku yang Paling Cantik,                 Aku bersenandung bersama isak pagi ini                 Terulang memori...