Senin, 09 April 2012

TIGA KATA AJAIB


Tiga kata ajaib? Apa yang terlitas di  pikiran kalian? Aku cinta kamu? Hahahaha *ijin tertawa, bukan mengejek*
Tiga kata ajaib yang saya maksud di sini adalah “Tolong, Maaf, dan Terima Kasih”. Coba saja kamu renungkan kenapa tiga kata itu menjadi ajaib?
Tolong
Dari zaman SD kita sudah diajarkan bahwa manusia  adalah makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. Karena itu, kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri. Di sinilah dibuthkan kata ‘tolong’ untuk berinteraksi dengan baik dengan sesamae.
Penggunaan kata ‘tolong’ bukan berarti menunjukkan kita lemah karena kita tidak bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Balik lagi, kita ini makhluk sosial, kawan J
Pernah dengar guru kita bilang seperti ini, “Budi, jelaskan apa yang dimaksud dengan Makhluk Sosial!”?? bandingkan dengan “Budi, tolong jelaskan apa yang dimaksud dengan Makhluk Sosial!” Lebig prefer yang mana? Mana yang lebih enak didengar? Dan mana yang kira-kira membuat si Budi menjelaskan dengan lebih baik?
Dengan menggunakan kata ‘tolong’, tutur kita menjadi lebih halus dan membantu orang lain untuk merasa dibutuhkan dan dihargai keberadaannya.
Ajaib bukan? Dengan satu kata ini kita bisa menjalin hubungan yang lebih baik dan positif..
Maaf
Kata ini yang paling sulit untuk diucapkan karena rasa egois dan gengsi yang sudah tertanam di setiap hati manusia. Bukan hanya dalam hal meminta maaf, tapi juga memberi maaf.
Meminta maaf terlebih dahulu bukan berarti kalah. Kalimat ini sering muncul di adegan sinetron atau film. Tapi kalimat itu memang benar. Ketika kita berani untuk meminta maaf, kita berhasil mengalahkan ego dan gengsi kita untuk memulai hubungan yang lebih baik.
Terlalu sakit untuk bisa memaafkan. Kalimat ini juga sering muncul. Saat kita tersakiti, sulit rasanya untuk menenrima dan memaafkan. Saya juga belum bisa menemukan titik untuk memaafkan satu hal sampai saat ini. Tapi saya sedang mencoba untuk melakukannya. *ehem! Jadi curcol deh* tapi cobalah untuk melihat sisi positif dari suatu masalah, mungkin bisa sedikit membantu. Tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti pernah melakukan kesalahan.
Jika kita berhasil menggunakan kata ‘maaf’ yang tulus pastinya, bisa dibayangkan bagaimana dampaknya dalam hubungan kita dengan orang lain.
Terima Kasih
Jauh lebih mudah mengetik kata ‘terima kasih’ di twitter atau facebook dari pada mengucapkannya langsung. Ketika seseorang memberi ucapan padamu via jejaring sosial, dengan mudah kalian akan retweet “Thx J “. Sadarkah kalian apa efek kata ‘terima kasih’ bagi kamu dan orang lain?
Kata ‘terima kasih’ merupakan wujud sederhana dari mengucap syukur. Dan seperti artikel sebelum-sebelumnya, mengucap syukur akan memberi dampak positif bagi diri kita sendiri.
Lalu bagaimana efek terhadap orang lain? Dengan kita mengucapkan ‘terima kasih’ orang tersebut akan merasa dihargai dan diterima dan akan menimbulkan keikhlasan dalam hubungan. Lagi-lagi kita akan merasakan dampak positif bagi diri kita.
Jadi jangan ragu untuk mengucap kata ‘terima kasih’.
            Setelah kita meminta tolong, segera ucapkan terima kasih atas kesediaannya membantu. Setelah kita meminta maaf, segera ucapkan terima kasih karena sudah membuka hati untuk menerima permintaan maaf. Setelah kita memaafkan, segera ucapkan terima kasih karena sudah mau memulai untuk memperbaiki hubungan.
Sudah bisa membayangkan seberapa ajaibnya ketiga kata itu? Lalu apa tiga kata ajaib versi kalian???

2 komentar:

  1. inspiratif.. 3 kata kata yang ajaib memang.
    nice post..



    Blogwalking sore
    turut mengundang rekan-rekan blooger
    Kumpul di Lounge Event Tempat Makan Favorit

    Salam Bahagia

    BalasHapus

Surat yang Tak Tersampaikan

Dear Pahlawan Wanitaku yang Paling Cantik,                 Aku bersenandung bersama isak pagi ini                 Terulang memori...